Sunday , November 18 2018
Home / BERITA UTAMA / Sengketa PT. Rapala dan Masyarakat Masih Berlanjut, Masyarakat Sungai Iyu Resah

Sengketa PT. Rapala dan Masyarakat Masih Berlanjut, Masyarakat Sungai Iyu Resah

BAITURRAHMANFM.COM, BANDA ACEH – Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Banda Aceh menggelar Diskusi Tematik yang membahas sengketa lahan antara PT. Rapala dengan masyarakat Desa Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan yang berlangsung di Sekretariatan FJL, Abu Master Kupi, Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng, Jumat (19/10) siang itu, turut menghadirkan seorang saksi bernama Sri Haryati (47). Dalam penuturannya didepan awak media, Sri mengaku bahwa Perusahaan yang dahulu berdiri sebelum PT. Rapala ini, yaitu PT. Para Sawita tidak pernah membuat sengketa lahan seperti ini. “walau tidak bekerja disana, kami tidak diusir dirumah yang dibangun sejak 1984 ini” ujarnya.

Ditemani oleh pendamping dari LBH Kota Banda Aceh, Ia berharap ada titik terang dari permasalahan yang dihadapi saat ini. “Jangan kan kami Pak, Hewan ternak saja kalo lewat dijalan atau masuk ke dalam Perusahaan itu, akan dikenakan denda sebesar 1,5 juta rupiah per ekornya”

Pasca peralihan Perusahaan tersebut, masyarakat selalu diperintahkan untuk mengosongkan rumah dengan dalih itu adalah milik perusahaan PT. Rapala. “Mereka datang kerumah, menawarkan 10 juta rupiah. Kalo bapak ibu tidak terima, maka kasus tidak akan selesai dan perkara akan terus berjalan” (ZA)

Check Also

Kabid Humas Polda Aceh Silahturrahmi ke Sejumlah Media

BAITURRAHMANFM.COM, Banda Aceh – Kabid Humas Polda Aceh AKBP Ery Apriyono, S.I.K., M.Si melakukan silaturahmi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *