Kamis , Desember 13 2018
Home / OLAHRAGA / Even Gala Desa Berakhir

Even Gala Desa Berakhir

BAITURRAHMANFM.COM,JANTHO – Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jakfar SP secara resmi menutup even Gala Desa tingkat Kabupaten Aceh Besar Tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Persima, Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (17/11/2018) sore.

Dalam sambutanya Jakfar mengatakan olahraga ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita selain spirit juga martabat bagi Aceh Besar. Disamping itu bisa mempererat tali silaturahmi antar gampong yang ada di Aceh Besar.

Selain itu olahraga Gala Desa adalah untuk mencari bibit berbakat dalam bidang olahraga yang akan mengharum nama Aceh khususnya Kabupaten Aceh Besar pada event-event olahraga baik di tingkat Kabupaten, tingkat propinsi bahkan event-event tingkat Nasional.

Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) Puji Rahayu dalam sambutannya mengatakan, Kemenpora terus berusaha mengembalikan budaya olahraga, yang bisa menyentuh langsung kebahagian masyarakat melalui kampanye “Ayo Olahraga”. Salah satunya adalah melalui program Gala Desa.

Dengan adanya gala desa ini dapat diharapakan masyarakat dapat membudayakan olahraga selain untuk menjaga pola hidup sehat, juga dapat melahirkan bibit-bibit olahraga yang rapat berprestasi ke kancah nasional atau bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa menuju kancah Internasional.

Puji Rahayu menambahkan, Tahun 2018 Kabupaten Aceh Besar masuk salah satu dari 136 Kabupaten di Indonesia yang menyelenggarakan Program Gala Desa yang merupakan program unggulan Kemenpora RI. Diharapkan program gala desa ini dapat menjadi agenda tahunan selain juga dapat dilakukan pembiayaan melalui APBD.

Pada kesempatan tersebut, Puji Rahayu juga berpesan kepada para atlet yang mendapatkan mendapatkan juara dan atlet yang tidak mendapatkan juara pada gala desa 2018 agar terus berlatih serta menjunjung sportivitas dalam olahraga.

Sementara itu Ketua Panitia Gala Desa 2018 Kabupaten Aceh Besar, Yusri A SPd yang juga Sekretaris Disparpora Aceh Besar mengatakan, Aceh Besar mempertandingkan empat Cabang Olahraga pada Gala Desa ini yang dipusatkan di 4 kecamatan yaitu sepakbola di Lapangan Persima Kecamatan Ingin Jaya, Bolavoli di Kecamatan Suka Makmur, tenis meja di Kecamatan Kota Jantho dan atletik di Kecamatan Indrapuri. Peserta dari masyarakat desa berusia 16 tahun atau usia sekolah. Kepada para pemenang selain diberikan piala dari Menpora RI juga diberikan uang pembinaan. Hadir pada penutupan itu, Camat Ingin Jaya, Camat Sukamakmur, Camat Indrapuri dan para atlet peserta gala desa.

Sementara itu, sebelum penutupan dan pembagian piala serta hadiah pemenang, berlangsung partai final sepakbola. Berhadapan kesebelasan Gampong (Desa) Lubok Sukon dengan Cot Montiwan.
Pertai final ini dimenangkan Gampong Lubok dengan skor 1 – 0. Gol semata wayang yang mengantarkan Lubok sebagai juara dicetak Alfin menit ke-10.
Dengan kekalahan tersebut Cot Montiwan harus puas sebagai runner-up. Sedangkan peringkat ketiga diraih Jurong Penjira. Cabang sepakbola juga memilih pencetak gol terbanyak (top score) yang diraih Jashadi dan pemain terbaik dinobatkan Alfin dari kesebelasan Gampong Lubok.

Cabang voli juara I, II, III yaitu Gampong Weu Siteh, Lambaro Sibreh, dan SMA Montasik. Tenis meja nomor tunggal putra dan putri juara I, II, III yakni Mursalin, Nabil Azkia dan Fakhrul Razi. Munawarah, Askia dan Alfina.
Di nomor ganda putra dan putri juara I, II dan III diraih Mursalin/Nabil, Najib/Zulfadli dan Tahjul/Fahrul Lazi. Ganda putri juara I, II, III yaitu Fatimah/Maulidia. Alfi/Alfiana dan Azkia/Munawarah.
Di cabang atletik nomor lari 100 meter putri, juara I, II, III yakni Sidqa ‘Aiya (Gampong Lima Blang), Fakitah Rachel (Krueng Lamkareung) dan Hayatun Nufus dari Gampong Mureu Ulee Titi. Nomor 100 meter putra juara I, II, III yaitu Saifullah (Gampong Mereu Ulee Titi), Razhis Shadiqi (Leupung Baleu), Teguh Imanna dari Gampong Grot Manyang.
Lari 50 meter putri juara I, II, III yaitu Naila Shabira (Gampong Mon Alue), Mauli Zayanti (Mureu Bara) dan Asyifa Mahira dari Gampong Mureu Bung Ue. 50 meter putra juara I, II, III yaitu Tajus Salatin (Gampong Lampanah Baro), Riski Muhajir (Mereu Bara) dan Raja Alfalahi dari Gampong Grot Manyang.

Check Also

seluruh Atlit Futsal Pora Menjalani Screening Tes

BAITURRAHMANFM.COM,KOTA JANTHO – Sebelum berlaga di Pekan Olahraha Aceh (PORA) XIII seluruh atlit futsal menjalani ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *