Thursday , August 24 2017
Home / BERITA UTAMA / Isu Pulau Halmahera Dijadikan Pelatihan Terorisme

Isu Pulau Halmahera Dijadikan Pelatihan Terorisme

KBRN, Ternate : Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut) Brigjen (Pol) Tugas Dwi Apriyanto menghimbau seluruh lapisan masyarakat di Malut khususnya di Pulau Halmahera untuk dapat berperan aktif dalam menjaga situasi aman dan damai.

Himbauan orang nomor satu di Mapolda Malut tersebut dikeluarkan setelah beredarnya isu bahwa Pulau Halmahera akan di jadikan sebagai pusat pelatihan terorisme.

“Dengan adanya isu Halmahera akan dijadikan daerah latihan teoris, mohon kiranya kita (Danrem-Kabinda) untuk mengambil langkah – langkah deteksi dan tangkal dini di setiap lapisan masyarakat,” ungkap Tugas melalui pesan singkat WhatsApp yang di kirim Selasa (28/3/2017) malam.

Mengantisipasi isu tersebut, Tugas Dwi juga menekankan untuk seluruh kecamatan sampai pada tingkat desa agar dapat menghidupkan ronda malam dan selalu melakukan pantauan pada tamu yang baru masuk.

“Untuk orang baru harus melaporkan diri 1x 24 jam yang ketempatan wajib melaporkan baik itu ke RT / RW setempat,” tegasnya.

Tugas Dwi juga menambahkan, semua lapisan masyarakat untuk selalu mengadakan himbauan-himbauan dan penggalangan kepada masyarakat yang masih menyimpan senjata api sisa-sisa kerusuhan untuk segera menyerahkan ke aparat terdekat (Pemda, Polri dan TNI).

“Dalam tiga hari terakhir kami telah menerima dua senjata api dari masyarakat, masing-masing satu di Kecamatan Malifut Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan di desa Loleo Kec Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).”

Tugas Dwi juga menambahkan, saat ini, pihaknya telah menerjunkan 2 tim personil Brimob maupun TNI untuk melakukan pengawasan di Halmahera.

“Sudah kami turunkan dua tim, nanti juga akan kita turunkan patroli penyusuran pegunungan dan hutan, oleh anggota Brimob dan TNI,” tegasnya.

Disentil terkait dengan titik yang menjadi fokus dari Polda Malut dalam mengantisipasi isu tersebut, Tugas juga menyampaikan, semua kabupaten di Halmahera menjadi titik fokus dari Polda Malut.

Check Also

Pasca Idul Fitri, Mesjid Raya Baiturrahman dipenuhi Sampah

BAITURRAHAMANFM.COM, BANDA ACEH – Memasuki hari libur lebaran Idul Fitri 1438H, Mesjid Raya Baiturrahman Banda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *