Monday , December 18 2017
Home / KESEHATAN / Makan diwaktu lapar, stop sebelum kenyang !

Makan diwaktu lapar, stop sebelum kenyang !

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Hardinsyah mengatakan, sarapan sehat sebelum jam 9 penting sebagai sumber energi sebelum memulai aktivitas pagi hari.
Ketentuan sarapan sehat ada empat, yakni tepat waktu, tepat jenis, tepat komposisi, dan kebersihannya.
Sarapan tepat waktu adalah sebelum jam 9, komposisi yang tepat adalah menu sarapan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral yang bisa memenuhi 1/4 gizi harian.
Sesuai anjuran agama, makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.Sarapan sebelum jam 9 penting, sebagai sumber energi, stamina dan kekuatan agar otak dapat berfungsi dengan baik, karena satu jam sebelum aktivitas pekerjaan dimulai, kadar gula darah dalam tubuh mulai menurun, untuk mencegah hal tersebut, diperlukan nutrisi yang diperoleh dari sarapan pagi.
Pentingnya Makan dan Minum yang Baik

Menurut Hardinsyah, sosialisasi dan edukasi sarapan sehat perlu terus dimasifkan, melibatkan kerja sama pemerintah, lembaga, masyarakat, ahli dan swasta.
Kurun waktu tiga tahun terakhir, sebuah survei terkait gizi dan sadapan di sejumlah kota di Pulau Jawa telah menunjukkan arah positif, terjadi penurunan jumlah kebiasaan tidak sarapan dari angka 60 persen menjadi 40 persen.

Sumber LKBN Antara
Editor: Saifulsyah

Check Also

Puasa dibelahan dunia

Banda Aceh – Selama bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa, satu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *