Monday , July 16 2018
Home / BERITA UTAMA / Masyarakat Lhokseumawe meriahkan pawai takbiran Idul Fitri

Masyarakat Lhokseumawe meriahkan pawai takbiran Idul Fitri

warga Kota Lhokseumawe ikut memeriahkan pawai takbiran yang dlepas secara resmi oleh Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya dihalaman Masjid Islamic Centre, Lhokseumawe, Kamis malam (14/6). (Foto Antara Aceh/Muchlis)

BAITURRAHMANFM.COM, LHOKSEUMAWE — Ribuan masyarakat Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, memeriahkan pawai takbiran hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, dengan berbagai jenis kendaraan roda dua dan empat, Kamis malam.

Sebagaimana tahun sebelumnya, pelepasan pawai takbiran yang dilakukan oleh Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya yang didampingi oleh sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Lhokseumawe, yang dilakukan dihalaman Masjid Islamic Centre Lhokseumawe.

Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya dalam kata sambutannya mengatakan, Pemkot Lhokseumawe, berterimakasih kepada masyarakat yang ikut memeriahkan dan menjaga tradisi pawai takbir dalam merayakan malah hari raya Idul Fitri 1439 H.

Lanjutnya, pawai takbiran bertujuan untuk menumbuhkan semangat ukhuwah islamiyah kita yang selama ini semakin menipis akibat pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya islam dan juga budaya nusantara.

Selain itu, dalam pawai takbiran juga bertujuan untuk membangun ke islaman di Aceh, khususnya di Kota Lhokseumawe, sehingga generasi muda nantinya dapat mengetahui makna dari perayaan Idul Fitri.
Pada kesempatan itu juga, Wali Kota Lhokseumawe mengingatkan, Idul Fitri menjadikan momentum untuk dapat saling maaf memaafkan.

Serta mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Lhokseumawe agar semakin meningkatkan nilai ketaqwaan kepada Allah SWT, melalui penghayatan dan pengalaman nilai-nilai ibadah sehari-haril, harap Suaidi Yahya.

Sementara itu, rute yang dilalui oleh rombongan pawai takbiran adalah berkeliling pusat Kota Lhokseumawe. Mulai dari depan Islamic Centre memutar ke Jalan kenari, Darussalam, Isjandar Muda Jalan Merdeka dan kembali ke depan Islamic Centre.

Mobil hias ikut meriahkan Pawai Takbir Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah yang berlangsung di ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh, Kamis (14/6) malam.

Pawai takbir Idul Fitri yang dibagi dua kategori yakni pejalan kaki dan mobil hias tersebut di lepas langsung Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan turut didampingi unsur Forkopimda provinsi setempat.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pawai takbir Idul Fitri 1439 Hijriah dengan resmi saya lepas,” kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di sela-sela melepas peserta takbir Idul Fitri di Banda Aceh.

Mobil hias berornamen masjid dan diikuti peserta takbir pejalan kaki yang ikut membawa obor tersebut berasal dari Remaja Masjid Meunasah, yang berasal dari kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ada pun rute pawai takbir jalan kaki adalah di mulai dari halaman depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jalan Diponegoro-Jembatan Pante Pirak-Bundaran Simpang Lima-Simpang Jamboe Tape.

Selanjutnya, Jalan Syiahkuala-Jalan Pocut Baren-Jalan Panglima Polem-Tugu Simpang Lima-Jalan ST Muhammad Daudsyah-Simpang Kodim dan finis di Masjid Raya Baiturrahman.

Sementara itu, rute pawai mobil hias menempuh rute, Masjid Raya Baiturrahman-Jalan Dipenogoro-Simpang Kodim 0101/BS-Meuligoe Gubernur Aceh-Simpang Jam-Jalan Teuku Umar-Simpang Tiga Lamteumen-Jalan Cut Nyak Dhien-Simpang Dodik.

Selanjutnya ke Jalan Soekarno-Hatta-Jalan Soedirman-Simpang Tiga-Jalan Teuku Umar-Simpang Jam-Meuligoe Gubernur-Simpang Kodim 0101/BS dan berakhir di Masjid Raya Baiturrahman.

Pawai takbir Idul Fitri 1439 Hijriah yang berlangsung di ibu kota Provinsi Aceh dan diikuti ratusan peserta tersebut disaksikan ribuan masyarakat dari Banda Aceh dan Aceh Besar.

Masyarakat yang hadir memadati rute-rute yang dilewati peserta pawai takbir mobil hias dan pejalan kaki lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

(Antara Aceh)

Check Also

Dinas ESDM Aceh Siapkan Draf SK Pencabutan IUP Kolektif Untuk 99 Perusahaan Tambang

BAITURRAHMANFM.COM,Banda Aceh-Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh segera mempersiapkan draf/konsep Surat Keputusan (SK) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *