Jumat , Maret 22 2019
Home / Banda Aceh / Napi Lapas Lambaro Dipindahkan Ke Nusakambangan, Keluarga Tidak Terima

Napi Lapas Lambaro Dipindahkan Ke Nusakambangan, Keluarga Tidak Terima

BAITURRAHMANFM.COM, Banda Aceh – Keluarga Gunawan, salah seorang narapidana penghuni Lapas Kelas II A, Lambaro, Aceh Besar, melalui Kuasa Hukumnya Yusi Muharnina, SH mempertanyakan, alasan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Aceh, terkait pemindahan Gunawan ke Lapas Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Yusi Muharnina bersama tim dari Law Firm Sopian Adami-Saputra & Partners (SS LawFirm), selaku kuasa hukum keluarga Gunawan menyampaikan, bahwa secara tertulis telah melayangkan keberatan dan mempertanyakan, alasan pemindahan kliennya kepada kepala Lapas Banda Aceh maupun kanwil kemenkumham.

Sebelumnya, pasca pemindahan Gunawan, (napi kasus Narkoba dan telah menjalani 8 tahun masa kurungan dari total 15 tahun kurungan), Yusi mengatakan kalau keluarga kliennya merasa cemas karena tidak mengetahui pasti keberadaan Gunawan hingga saat ini.

“Awalnya kami menerima surat dari Lapas Kelas II A Banda Aceh, bahwa Gunawan dipindah ke Lapas Kelas II A Binjai, Sumatera Utara, tapi saat di cek ke lokasi, keluarga tidak menemukan Gunawan di Lapas tersebut. Setelah di tanyai sana sini, katanya Gunawan dijemput paksa oleh orang bersebo pada pukul 04.00 WIB pagi untuk dibawa ke lapas Nusakambangan”. ujar Yusi.

Kepada BaiturrahmanFM, Yusi menjelaskan kalau kliennya itu, telah bersikap baik selama menjalani hukuman di Lapas Banda Aceh. Sesuai surat keterangan dari Kepolisian yang diperlihatkan, Gunawan juga tidak terlibat kerusuhan, pembakaran serta provokasi yang terjadi di Lapas tersebut awal Januari 2018 lalu.

“Dia tidak terlibat kerusuhan dan pengrusakan di Lapas saat itu. Dan seharusnya pada Agustus 2018, Gunawan mendapatkan pembebasan bersyarat. Pemindahan narapidana yang dilakukan sewenang-wenang, juga melanggar UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia (HAM),” ungkapnya.

Untuk memastikan keberadaan kliennya, Yusi bersama tim dan keluarga Gunawan akan berangkat ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Barat, guna mencari tahu keberadaan pasti Gunawan. (REZA)

 

 

Check Also

Kapolda Aceh Serah Terima Jabatan Jajaran Dirreskrimsus dan Kabid TIK

BAITURRAHMANFM, Banda Aceh – Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak, memimpin Serah Terima Jabatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.