Kamis , Desember 13 2018
Home / Banda Aceh / Rancangan Qanun RPJM diserahkan kepada Pimpinan DPR Aceh, ini Tujuannya

Rancangan Qanun RPJM diserahkan kepada Pimpinan DPR Aceh, ini Tujuannya

BAITURRAHMANFM.COM, Banda Aceh – Rancangan Qanun Aceh Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Aceh (RPJMA) telah diterima oleh Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Sulaiman Abda, Jum’at (7/12) sore, disusun dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), agar pembangunan dapat memberikan hasil yang optimal.

RPJM Daerah juga harus pula memperhatikan dan mempertimbangkan aspek-aspek pembangunan spasial yang telah digariskan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). RPJM Aceh Tahun 2017-2022 juga merupakan tahapan pembangunan ketiga dari RPJP Aceh Tahun 2005-2025. Dimana untuk tahapan ini memfokuskan pada pemantapan basis pengembangan Industri Manufaktur.

Sejalan dengan hal tersebut, pembangunan juga perlu menguatkan Agroindustri yang belum berkembang secara optimal pada tahapan pembangunan sebelumnya. Adapun tujuan dari penyusunan RPJM Aceh Tahun 2017-2022 adalah sebagai berikut:

1. Menjabarkan visi dan misi dalam bentuk strategi, arah kebijakan, dan menetapkan program
pembangunan daerah;

2. Menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja Pemerintah Aceh, dan perencanaan serta penganggaran;

3. Menjadi acuan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten dan Kota;

4. Mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sinergis dan terpadu antara perencanaan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota serta dengan Provinsi yang berbatasan. (REZA)

Check Also

Ketua Komisi III DPRA serahkan Rancangan Qanun Penanaman Modal

BAITURRAHMANFM.COM, Banda Aceh – Ketua Komisi III DPRA, Effendi, selaku Ketua Tim penyusun Rancangan Qanun ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *